Tuesday, 17 May 2016

SOAL TAHSIN BAGI PEMULA DI RUMAH TAHSIN ATTAMIM

I. Pilihlah jawaban yang benar  dibawah ini !
1. Ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca kitab suci al-qur’an dengan benar adalah….
a. Ilmu Tafsir b. Ilmu Tajwid c. Ilmu Balaghah d. Ilmu Hayat
2. Shifatul huruf dalam ilmu tajwid dapat diartikan sebagai…
a. Membunyikan huruf b. Bentuk huruf            c. Karakteristik huruf d. Huruf ghunnah
3. Tertahannya aliran / hembusan nafas ketika mengucapkan huruf merupakan pengertian menurut istilah dari…
a. Syiddah b. Rakhawah        c. Hams/mahmus d. Jahr
4. Huruf hijaiyyah di bawah ini yang tidak termasuk kedalam huruf jahr adalah….
a. ق ن ء ب         b. ج د ي ض              c. ف ح ث ش             d. ج ل ء م
5. Pengertian hams atau mahmus menurut bahasa adalah حِسُ االْخَفي artinya adalah…
a. Suara nyaring b. Suara lantang c. Perasaan yang halus d. Suara yang jelas
6. Menurut ilmu tajwid jumlah huruf hijaiyyah yang tergolong ke dalam huruf Hams berjumlah…
a. 7 huruf        b. 8 huruf              c. 9 huruf               d. 10 huruf
7. Tertahannya suara ketika mengucapkan huruf karena makhraj huruf tersebut ditahan dengan sempurna/sangat kuat
adalah pengertian syiddah menurut…
a. Tafsir           b. Ilmu pengetahuan                   c. Istilah        d. Bahasa
8. Jumlah huruf syiddah menurut ilmu tajwid adalah…
a. 7 Huruf       b. 8 Huruf             c. 9 Huruf              d. 10 huruf
9. Yang termasuk kedalam huruf syiddah dari kelompok huruf hijaiyyah berikut ini adalah…
a. خ ذ ق             b. ف ش ك                c. ج د ق    d. ج د س
10. Shifatul huruf Rakhawah menurut bahasa artinya adalah…
a. Lemah/lembut          b. Samar-samar  
c. Perasaan halus                 d. kuat dan tegas
11. Di bawah Ini huruf qolqolah yang benar adalah….
a.                     ﻻ ﺏ ﺝ ﺪ   c                      ﺏ ﺝ ﺩ ﻁ ﻕ
b.        ﺝ ﺪ ﺏ ﻁ ﻥ            d                 ﺏ ﺝ ﺩ ﻁ ﻮ 
12. Yang termasuk huruf rakhawah dari huruf dibawah ini adalah…
a. ف ح د            b. خ ذ غ                    c. ف ح ق d. ث ظ ج
13. Tertahannya suara seperti pada huruf-huruf syiddah dan berjalannya suara seperti pada rakhawah ketika mengucapkan
huruf hijaiyyah merupakan pengertian dari shifatul huruf…
a. Isti’la        b. Istifal                 c. Tawasuth          d. Jahr
14. Contoh kalimat dibawah ini yang mengandung huruf-hurug isti’la adalah…
a. جَـعَـلَ          b. مِـمَّـا                     c.ثَلاَثَـةٌ                      d. خَلَـقَـكُمْ
15. اَلْاِرْتِفَاعُ Artinya ” terangkat “. Merupakan pengertian secara bahasa dari shifatul huruf…
a. Isti’la        b. Istifal                 c. Tawasuth          d. Ithbaq
16.  اِنَّ رَبَّهِمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍلَّخَبِيْرٌ bunyi ayat di samping memiliki hukum bacaan ….
a.       Izhar syafawi                        
b. Iqlab                 c. Ihfa syafawi             
d. Ihfa haqiqi
17.  اَلِّذِيْ اَنْقَضَ ayat yang digaris bawah mengandung hukum bacaan ….
a.       Ihfa syafawi          b. izhar syafawi      
c. ihfa haqiqi               d. izhar wajib

18.  وَانْحَرْ ayat di samping dibaca dengan ….
a.       Dengung          b. samar-samar        
    c. jelas                    d. panjang

19. Di bawah ini adalah bacaan Mad Iwadl. Kecuali ….
a.     سَمِيْعًابَصِيْرًا                                       c.   وَنِسَاءً
b.     عَذَابًاعَلِيْمًا                                   d.  عَذَابٌ عَلِيْم  

20. Di bawah ini yang mengandung bacaan Mad Wajib Muttasil adalah ….
a.     اِنّآاَنْزَلْنَاهُ                                      c.   مَا لَيْلَةُ اْلقَدْرِ
b.     وَمَآاَدْركَ                                     d.  تَنَزَّلُ اْلمَلئِكَةُ

21. Ro’ dalam  ayat satuاَلمَ ْنَشْرَحْ          dibaca ….
a.     tafhim/tebal                             c.   sedang
b.     taraiq/tipis                               d.   ringan
22. Pada ayat di bawah ini yang terdapat ro’ dibaca tafhim/tebal adalah ….
a.     فَاِنَّ مَعَ اْلعُسْرِ يُسْرَا                 c.   اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ
b.     اَنَّ مَعَ اْلعُسْرِ يُسْرًا                  d.  اَلَّذِىْ اَنْقَضَ ظَهْرَكْ
23.      Nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf Ba’, cara bacanya dinamakan …
a.       Idghom bi ghunnah
b.       Idghom bila ghunnah
c.        Iqlab
d.       Ikhfa’ haqiqiy

24.    Nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ya’, nun, mim, wawu di lain kalimat, cara bacanya dinamakan …
a.       Idghom bila ghunnah
b.       Idghom mimiy / mitsliy
c.        Idghom mutajanisain
d.       Idghom bi ghunnah

25.    Nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Lam atau Ro’ cara bacanya dinamakan …
a.       Idghom bila ghunnah
b.       Idghom mimiy / mitsliy
c.        Idghom mutajanisain
d.       Idghom bi ghunnah

26.    Mim sukun bertemu dengan mim, cara bacanya dinamakan …
a.       Idghom bila ghunnah
b.       Idghom mimiy / mitsliy
c.        Idghom mutajanisain
d.       Idghom bi ghunnah

27. Pada lafadz وَقَدْ دَخَلُوْا terdapat bacaan …
a.     Idghom mutamatsilain
b.     Idghom mutajanisain
c.     Idghom Syamsiyah
d.     Idghom mutaqaribain

28.      Pada lafadz لَقَدْ كَانَ لَكُمْ terdapat bacaan …
a.     Idghom mutamatsilain
b.     Qolqolah Sughro
c.     Idghom mutajanisain
d.     Qolqolah Kubro

29. Berikut ini merupakan cirri-ciri Ro’ yang dibaca tafkhim, kecuali …
a.       Ro’ berharakat dhommah
b.       Ro’ berharakat fathah
c.        Ro’ sukun yang bertemu dengan huruf isti’la’
d.       Ro’ sukun yang didahului kasroh yang tidak bertemu dengan huruf isti’la’
  1. لا (lam alif), merupakan tanda …
a.       waqof, harus berhenti
b.       waqof, lebih baik berhenti
c.        washol, lebih baik terus
d.       washol, harus terus terkecuali akhir ayat

  1. صلى (shod lam alif), merupakan tanda …
a.       Waqof ula, lebih baik berhenti
b.       washol, harus terus
c.        washo ula, lebih baik terus
d.       washol, harus terus terkecuali akhir ayat

  1. م (mim), merupakan tanda …
a.       Waqof lazim, harus berhenti
b.       Waqof ula, lebih baik berhenti
c.        washol, harus terus
d.       washo ula, lebih baik terus

  1. قلى (qof lam alif), merupakan tanda …
a.       Waqof lazim, harus berhenti
b.       Waqof ula, lebih baik berhenti
c.        washo ula, lebih baik terus
d.       washol, harus terus terkecuali akhir ayat

  1. dua titik tiga, merupakan tanda …
a.       harus berhenti di antara dua titik tiga
b.       harus berhenti di kedua titik tiga
c.        harus berhenti di salah satu titik tiga
d.       boleh berhenti di salah satu titik tiga

  1. وما اَنَا من المشركين, nun dibaca …
a.       Boleh panjang atau pendek
b.       Pendek, karena اَنَا dhomir
c.        Panjang, karena mad thobi’iy
d.       Pendek, jika berhenti pada lafadz اَنَا

  1. مَنْ يَشَاِالله, syin dibaca …
a.       Panjang             d. Harus panjang
b.       Pendek              
c.        Panjang atau pendek

37.    لا تأمنَّ terdapat bacaan …
a.       Imalah               c. Tashil
b.       Isymam             d. Saktah

38.    Yang dimaksud imalah adalah …
a.       Condongnya kasroh ke fathah
b.       Bacaan fathah dibaca kasroh
c.        Bacaan kasroh dibaca fathah
d.       Condongnya fathah ke kasroh

39.    بسم الله مجرَيها terdapat bacaan …
a.       Imalah               d. Tashil
b.       Isymam            
c.        Saktah


40.    Pada lafadz اَلدُّنْيَا terdapat bacaan …
a.       Idzhar wajib     c. Idghom bi ghunnah
b.       Idghom bi gunnnah        d. Qomariyah

  1. Menurut bahasa, kata izh-har berarti…
a.       Jelas / terang
b.       membalik
c.        samara-samar
d.       mendengung

  1. Membaca nun sukun dengan jelas pada posisi makhrojnya tanpa mendengung, merupakan kaidah membaca…
a.       Idghom bilaghunah
b.       Iz-har halqiy
c.        Ikhfa’ haqiqiy
d.       Iqlab

  1. Secara keseluruhan huruf-huruf izh-har halqiy itu terdiri atas…
a.       4 huruf
b.       5 huruf
c.        6 huruf
d.       7 huruf

  1. Tidak menampakkan suara nun sukun dan langsung melebur (ditasydidkan) ke huruf di depannya tanpa mendengung, merupakan kaidah membaca …
a.       Idghom bigunnah
b.       Idghom bilaghunah
c.        Iz-har halqiy
d.       Ikhfa’ haqiqiy

  1. Menurut bahasa, kata ghunnah berarti …
a.       Jelas / terang
b.       samara-samar
c.        memasukkan
d.       mendengung

  1. Tidak menampakkan suara nun sukun dan langsung melebur (ditasydidkan) ke huruf di depannya dengan mendengung, merupakan kaidah membaca …
a.       Idghom bigunnah
b.       Idghom bilaghunah
c.        Iz-har halqiy
d.       Ikhfa’ haqiqiy

  1. Menurut bahasa, iqlab berarti …
a.       membalik / mengubah
b.       memantul
c.        mendengung
d.       memasukkan

48.    أَﻧﺗُﻡ    Hukum Bacaanya adalah…..
a.       Ikhfa  b.Iklab  c. Gunnah     d. Qolqolah

  1. Bunyi nun sukun atau tanwin akan berubah menjadi bunyi huruf mim sukun dengan mendengung ketika bertemu dengan huruf  …
a.       wawu
b.       ba’
c.        mim
d.       nun

50.    Di bawah ini yang mengandung bacaan Mad Wajib Muttasil adalah ….
a.       اِنّآاَنْزَلْنَاهُ 
b.       وَمَآاَدْركَ    
c.        تَنَزَّلُ اْلمَلئِكَةُ
d.         اَلِّذِيْ اَنْقَضَ

II. Jawablah dengan benar!
1.     Jelaskan pengertian makharijul huruf!
2.     Tulis contoh mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil masing-masing 2!
3.     Jelaskan perbedaan qolqolah shugra dan kubra!
4.     Huruf apa saja yang keluar dari bagian tenggorokan? Jelaskan!
5.     Jelaskan tempat keluarnya huruf : ب, م, ف, ث, ظ  dan ض  !


Thursday, 28 April 2016

Cerita-cerita Inspirasi yang Belum Tertulis



Gorilla Sang Pujangga
Kisah Seorang perempuan kampung bernama Gorilla yang gigih dan ulet menjadi seorang penulis go internasional.

Bukan Ratna dan Galih
Persahabatan di masa-masa SMP yang membutakan cinta dan hati Ratna dan Galih.

Si Alif  Kecil
Bagaimana cinta orang tua diuji dengan kematian anak satu-satunya. Si Alif terlahir dari kedua orang tua yang ibunya seorang muallaf, ayahnya seorang muslim abangan.

Kembali Ke Pesantren
Setelah meraih ilmu agama di pesantren dan berhasil mendapatkan beasiswa kuliah ke Mesir, dan berliku ujian yang menimpanya.

Rendam Mentimun di Air Minum, dan Lihat Apa yang Terjadi?



COBA Rendam Mentimun di Air Minum, dan LIHAT Apa yang Terjadi..

Mentimun sudah tak asing lagi buat kita,saking tak asingnya mentimun di jadikan makanan sambilan setelah makan.Keberadaannya sangat gampang di cari,tinggal datang ke pasar maka akan mudah di temukan.Harganya pun murah.saking gampang dan murahnya sehingga kita tak tahu manfaat apa yang di dapat dari mentimun.Di sini kita akan coba lihat khasiat mentimun jika di rendam dalam air minum.

Dengan beberapa irisan mentimum dalam air minum dan dibiarkan selama 12 jam sama saja melindungi diri Anda dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Saat ini memang sedang jadi tren merendam berbagai buah dalam air minum atau biasa disebut infused water. Ternyata, tidak hanya jeruk yang baik untuk direndam dalam air minum.

Air mentimun tidak hanya berperan menyegarkan tubuh. Tetapi mentimun yang kaya akan vitamin C, K, Vitamin B, kalium, antioksidan, mangan dan tembaga benar-benar bisa menjaga Anda tetap fit. 

Berikut alasan mengapa Anda harus minum air mentimun...

Bagus utk Tulang & Otot ~~
Mentimun berfungsi memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat. Sehingga tulang dan otot Anda tetap kuat.

Memperkuat Imunitas~~~
Vitamin yang terkandung dalam air mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Inimembantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Vitamin C meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

Membersihkan tubuh~~~~
Air mentimun memiliki efek detoksifikasi karena menghapus semua akumulasi racun dari tubuh Anda. Ini juga termasuk membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Air mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh Anda untuk bekerja lebih efektif.

Mengurangi Kolesterol Jahat~~
Sterol yang hadir dalam air mentimun bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian, air mentimun bisa mencegah Anda dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengurangi kekakuan pembuluh darah Anda sehingga aliran darah lebih lancar.

Membantu melawan Kanker~~
Tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol dan sebagainya hadir pada air mentimun untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Membuat ginjal sehat~~~
Mentimun mengurangi kadar asam urat dari tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk menyebabkan asam urat. Selain itu, Air mentimun menghilangkan kreatinin, asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal.

Menghilangkan bau mulut ~~
Bau mulut disebabkan oleh bakteri hadir di mulut Anda. Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri di mulut Anda. Dengan demikian, mulut Anda akan tetap segar sepanjang hari.

Melindungi Otak ~~~~
Substansi anti-inflamasi, fisetin ada pada mentimun yang berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Air mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Baik utk Kulit & Rambut~~~
Antioksidan hadir dalam mentimun yang tercuci dalam air menjaga kulit Anda untuk tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.
〰〰〰〰〰〰
Itulah beberapa khasiat dari mentimun yang di rendam di dalam air minum.semoga bermanfaat.selamat mencoba dan menikmati.

Tutorial Buka Situs Islam Yang Diblokir


                  Tutorial Buka Situs Islam Yang Diblokir


HP Android Anda tidak bisa buka situs-situs berita Islam yang sedang
diblokir oleh musuh-musuh Islam?

Tidak usah panik karena khawatir ketinggalan berita Islam...!

Kabar gembira bagi pengguna Android...

Situs-situs tersebut hakikatnya tidak ditutup, tapi hanya diblokir oleh
operator penyedia layanan internet atas permintaan musuh-musuh Islam
akibatnya akses masyarakat ke situs-situs tersebut diblokir sehingga
situs-situs tersebut tidak bisa diakses.

Bagaimana solusinya? Di HP Android Anda masing-masing ada solusinya!!!
Silahkan install aplikasi VPN Master(Free unblock proxy) di HP Android
Anda cukup dengan klik link berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=free.vpn.unblock.proxy.vpnmaster

Setelah terinstall,

1. Jalankan aplikasi.
2. Tekan tombol lingkaran yang bertuliskan "Touch to connect"
3. Centang kotak disebelah tulisan "Saya mempercayai aplikasi ini."
4. Tekan tombol OK.
5. Ditunggu hingga proses setting selesai.
6. Tombol lingkaran berubah tulisan menjadi "Connected".
7. Keluar dari aplikasi dan pastikan di bagian atas layar Android Anda
ada gambar kunci.
8. Silahkan dibuka lagi situs-situs berita Islam yang diblokir.

Bagi pengguna komputer Windows atau Linux silahkan download "Tor
Browser" di: https://www.torproject.org


Tinggal download saja dan diekstrak, tanpa harus diinstall.

TEBARKAN SALAM UNTUK SEMUA MUSLIM

TEBARKAN SALAM UNTUK SEMUA MUSLIM
 Islamkah yang menjadi kerinduan kita? Ataukah kita bergerak dengan berbagai kegiatan bertabur hanya untuk meninggikan kelompok kita? Kita siap berletih-letih, berlelah-lelah membawakan agama ini hanya jika mengokohkan kelompok kita dan guru ngaji kita.

Adakah kebahagiaan dalam diri kita tatkala berjumpa dengan saudara kita seiman? Ataukah rasa bahagia itu baru hadir dalam hati ini jika ia satu Ustadz dengan kita? Bukan seiman yang menjadi penakarnya.

Ringankah lisan kita mengucapkan salam kepada sesama muslim, siapa pun mereka? Ataukah kita hanya akan mengucapkan salam kepada yang kita kenal saja? Atau jangan-jangan kepada yang dikenal pun kita enggan mengucapkan salam apabila tidak satu pengajian.

Termenung saya mendengarkan kajian pagi ini, tema yang sesungguhnya merupakan kelanjutan dari kajian pekan sebelumnya. Cukuplah melihat tanda-tanda keretakan dan bahkan perpecahan, atau sedang ke arah keretakan hati antar muslim serta perpecahan, jika sesama muslim tidak saling menebar salam. Apalagi jika mengucapkan salam kepada yang dikenal pun sudah tidak mau apabila berbeda tempat mengaji.

Teringatlah saya pada sabda Rasulullah shallaLlahu 'alaihi wa sallam sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu:

إِنَّهُ سَيَأْتِي عَلَى النَّاس زَمَان يَكُون السَّلَام فِيهِ لِلْمَعْرِفَةِ

“Kelak akan datang pada manusia suatu masa, seseorang hanya akan mengucapkan salam pada orang yang dia kenali saja." (HR. Ath-Thahawi, Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi).

Padahal merupakan kebaikan Islam adalah saling menyebarkan salam. Salah satu tanda bagusnya keislaman seseorang adalah ia suka menyebarkan salam dan menjawabnya. Adakah kebaikan ini tertanam pada kita? Ataukah luas pengetahuan kita, tetapi sempit dada kita?

Renungilah sejenak:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِىَّصلى الله عليه وسلمأَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ada seseorang bertanya pada Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam mengenai Islam, bagaimana yang baik. Beliau menjawab, “Memberikan makan (pada orang yang membutuhkan), serta mengucapkan salam pada orang yang dikenal dan yang tidak dikenal.” (HR. Bukhari).

Menebarkan salam akan merekatkan hati. Memulai salam merupakan kebaikan yang utama. Dan menjawab salam, terlebih dari orang yang baru tergerak hatinya kepada agama, akan membuatnya semakin bersemangat menjalankan agama ini. Lebih-lebih jika kita mengiringi dengan keramahan dan sambutan hangat.


Maka, aku nasehatkan bagi diriku sendiri, janganlah menjadi penghalang hidayah dengan bersikap tak manis kepada orang yang baru mulai tergugah hatinya untuk belajar agama. Buatlah ia merasa nyaman. Ingatlah, Al-Qur'an memerintahkan "Ajaklah manusia ke jalan Tuhanmu." (ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ). Maka jika ada yang ingin ke jalan Allah tanpa engkau seru, sambutlah ia.

Fatwa Para Imam dan Ulama Tentang Kesesatan Syi’ah

Fatwa Para Imam dan Ulama Tentang Kesesatan Syi’ah
 
1. Imam Malik
االامام مالك
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سمعت أبا عبد الله يقول :
قال مالك : الذى يشتم اصحاب النبى صلى الله عليه وسلم
ليس لهم اسم او قال نصيب فى الاسلام.
( الخلال / السن: ۲،557 )

Al Khalal meriwayatkan dari Abu Bakar Al Marwazi, katanya : Saya mendengar Abu Abdulloh berkata, bahwa Imam Malik berkata : “Orang yang mencela sahabat-sahabat Nabi, maka ia tidak termasuk dalam golongan Islam” ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557 ).

2. Ibnu Katsir
Ibnu Katsir berkata, dalam kaitannya dengan firman Allah surat Al Fath ayat 29, yang artinya :
“ Muhammad itu adalah Rasul (utusan Allah). Orang-orang yang bersama dengan dia (Mukminin) sangat keras terhadap orang-orang kafir, berkasih sayang sesama mereka, engkau lihat mereka itu rukuk, sujud serta mengharapkan kurnia daripada Allah dan keridhaanNya. Tanda mereka itu adalah di muka mereka, karena bekas sujud. Itulah contoh (sifat) mereka dalam Taurat. Dan contoh mereka dalam Injil, ialah seperti tanaman yang mengeluarkan anaknya (yang kecil lemah), lalu bertambah kuat dan bertambah besar, lalu tegak lurus dengan batangnya, sehingga ia menakjubkan orang-orang yang menanamnya. (Begitu pula orang-orang Islam, pada mula-mulanya sedikit serta lemah, kemudian bertambah banyak dan kuat), supaya Allah memarahkan orang-orang kafir sebab mereka. Allah telah menjanjikan ampunan dan pahala yang besar untuk orang-orang yang beriman dan beramal salih diantara mereka”.
Beliau berkata : Dari ayat ini, dalam satu riwayat dari Imam Malik, beliau mengambil kesimpulan bahwa golongan Rofidhoh (Syiah), yaitu orang-orang yang membenci para sahabat Nabi Shollallohu 'Alaihi Wassalam, adalah Kafir.
Beliau berkata : “Karena mereka ini membenci para sahabat, maka dia adalah Kafir berdasarkan ayat ini”. Pendapat tersebut disepakati oleh sejumlah Ulama. (Tafsir Ibin Katsir, 4-219).

3. Imam Al Qurthubi
Imam Al Qurthubi berkata : “Sesungguhnya ucapan Imam Malik itu benar dan penafsirannya juga benar, siapapun yang menghina seorang sahabat atau mencela periwayatannya, maka ia telah menentang Allah, Tuhan seru sekalian alam dan membatalkan syariat kaum Muslimin”. (Tafsir Al Qurthubi, 16-297).

4. Imam Ahmad
الامام احمد ابن حمبل

:
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سألت ابا عبد الله عمن يشتم
أبا بكر وعمر وعائشة ؟  قال: ماأراه على الاسلام

.
( الخلال / السنة : ۲، 557)
Al Khalal meriwayatkan dari Abu Bakar Al Marwazi, ia berkata : “Saya bertanya kepada Abu Abdullah tentang orang yang mencela Abu Bakar, Umar dan Aisyah? Jawabnya, saya berpendapat bahwa dia bukan orang Islam”. ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557).
Beliau Al Khalal juga berkata : Abdul Malik bin Abdul Hamid menceritakan kepadaku, katanya: “Saya mendengar Abu Abdullah berkata : “Barangsiapa mencela sahabat Nabi, maka kami khawatir dia keluar dari Islam, tanpa disadari”. (Al Khalal / As Sunnah, 2-558).
Beliau Al Khalal juga berkata :
وقال الخلال: أخبرنا عبد الله بن احمد بن حمبل قال : سألت أبى عن رجل شتم رجلا
من اصحاب النبى صلى الله عليه وسلم فقال : ما أراه على الاسلام

(الخلال / السنة : ۲،557)
“ Abdullah bin Ahmad bin Hambal bercerita pada kami, katanya : “Saya bertanya kepada ayahku perihal seorang yang mencela salah seorang dari sahabat Nabi SAW. Maka beliau menjawab : “Saya berpendapat ia bukan orang Islam”. (Al Khalal / As Sunnah, 2-558)
Dalam kitab AS SUNNAH karya IMAM AHMAD halaman 82, disebutkan mengenai pendapat beliau tentang golongan Rofidhoh (Syiah) :
“Mereka itu adalah golongan yang menjauhkan diri dari sahabat Muhammad  Shollallohu 'Alaihi Wassalam dan mencelanya, menghinanya serta mengkafirkannya, kecuali hanya empat orang saja yang tidak mereka kafirkan, yaitu Ali, Ammar, Migdad dan Salman. Golongan Rofidhoh (Syiah) ini sama sekali bukan Islam.”

5. Imam Al-Bukhori
الامام البخارى

.
قال رحمه الله : ماأبالى صليت خلف الجهمى والرافضى
أم صليت خلف اليهود والنصارى
ولا يسلم عليه ولا يعادون ولا يناكحون ولا يشهدون ولا تؤكل ذبائحهم

.
( خلق أفعال العباد :125)
Iman Bukhori berkata : “Bagi saya sama saja, apakah aku sholat dibelakang Imam yang beraliran JAHM atau Rofidhoh (Syiah) atau aku sholat di belakang Imam Yahudi atau Nasrani. Dan seorang Muslim tidak boleh memberi salam pada mereka, dan tidak boleh mengunjungi mereka ketika sakit juga tidak boleh kawin dengan mereka dan tidak menjadikan mereka sebagai saksi, begitu pula tidak makan hewan yang disembelih oleh mereka.” (Imam Bukhori / Kholgul Afail, 125).

6. ABU HAMID ALGHOZALI

Imam Ghozali berkata : “Seseorang yang dengan terus terang mengkafirkan Abu Bakar dan Umar Rodhialloh Anhuma, maka berarti ia telah menentang dan membinasakan Ijma kaum Muslimin. Padahal untuk para sahabat ini terdapat ayat2 yang menjanjikan surga.