Sunday, 17 November 2024

BANK SOAL KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 12 SMK/SMA

 

BANK SOAL KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 12 SMK/SMA

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memberi tanda silang huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar!

1. Secara bahasa "khittah" berasal dari bahasa Arab yaitu "khiththatun" yang artinya ....
A. Undang-undang
B. Landasan berfikir
C. Garis atau langkah
D. Peraturan organisasi
E. Pedoman atau arahan

2. Khittah Perjuangan Muhammadiyah dijadikan sebagai tuntunan pedoman dan arahan untuk berjuang bagi anggota persyarikatan Muhammadiyah. Pernyataan tersebut adalah ... Khittah Perjuangan Muhammadiyah
A. Tujuan dan fungsi
B. Fungsi dan arahan
C. Maksud dan fungsi
D. Maksud dan arahan
E. Maksud dan tujuan

3. Khittah yang dirumuskan pertama kali oleh Muhammadiyah adalah Khittah Langkah Dua Belas atau Dua Belas Langkah Muhammadiyah. Khittah ini ditetapkan pada pasa kepemimpinan ...
A. KH. Mas Mansur 
B. KH. Ahmad Dahlan
C. KH. AR. Fachruddin 
D. Prof. DR. Syafi'i Ma'arif
E. Buya AR. Sutan Mansur

4. Berikut ini adalah langkah ilmi dalam Dua Belas Langkah Muhammadiyah, kecuali ...
A. Menegakkan keadilan
B. Menuntun amal intiqad
C. Memperluas budi pekerti
D. Menguatkan majelis tanwir
E. Memperluas paham agama

5. Langkah yang tinggal dilaksanakan tanpa membutuhkan keterangan dalam Dua Belas Langkah Muhammadiyah disebut dengan ...
A. Ilmi
B. Alami
C. Amali
D. Perjuangan
E. Pengorbanan

6. Pada masa kepemimpinan KH. AR. Fachruddin, Muhammadiyah menetapkan khittah sebanyak ...
A. 1 kali
B. 2 kali
C. 3 kali
D. 4 kali
E. 5 kali

7. Khittah perjuangan Muhammadiyah yang dirumuskan pada periode KH. AR. Fachruddin tahun 1978 adalah ...
A. Khittah Denpasar
B. Khittah Surabaya
C. Khittah Palembang
D. Khittah Ujung Pandang
E. Khittah Langkah Dua Belas

8. Khittah Palembang ditetapkan pada Muktamar Muhammadiayah yang ke ...
A. 23
B. 33
C. 35
D. 40
E. 42

9. Khittah Muhammadiyah yang dikenal juga dengan sebutan Khittah dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara adalah ...
A. Khittah Denpasar
B. Khittah Surabaya
C. Khittah Palembang
D. Khittah Ujung Pandang
E. Khittah Langkah Dua Belas

10. Khittah Muhammadiyah yang menjadi penyempurna Khittah Ujung Pandang yaitu ...
A. Khittah Denpasar
B. Khittah Surabaya
C. Khittah Ponorogo
D. Khittah Palembang
E. Khittah Langkah Dua Belas

11. Secara bahasa, "Khittah" berasal dari bahasa Arab yaitu Khiththatun (خطة) yang artinya …
A. Garis atau langkah
B. Pedoman atau arahan
C. Undang-undang
D. Peraturan organisasi
E. Landasan berfikir

12. Sejak berdiri hingga sekarang Muhammadiyah sudah merumuskan Khittah sebanyak ...
A. 2 kali
B. 3 kali
C. 4 kali
D. 5 kali
E. 6 kali

13. Khittah Perjuangan Muhammadiyah yang pertama kali dirumuskan adalah ...
A. Khuttah Palembang
B. Khittah Ponorogo
C. Khittah Surabaya
D. Khittah Ujung Pandang
E. Khittah Langkah Duabelas

14. Khittah Langkah Duabelas atau 12 Langkah Muhammadiyah lahir pada masa kepemimpinan ...
A. KH. Mas Mansur
B. Buya AR. Sutan Mansur
C. KH. AR. Fahrudin
D. Prof. Amin Rais
E. Prof. Syafii Maarif

15. Berikut ini adalah langkah ilmi dalam Dua belas Langkah Muhammadiyah, kecuali …
A. Memperluas faham agama
B. Menuntun amalan intiqad
C. Memperluas budi pekerti
D. Menguatkan majelis tanwir
E. Menegakan keadilan

16. Langkah yang tinggal dilaksanakan tanpa membutuhkan keterangan dalam Dua Belas Langkah Nuhammadiyah disebut dengan langkah ….
A. Perjuangan
B. Pengorbanan
C. Ilmi
D. Amali
E. Alami

17. Pada masa KH. AR. Fahrudin dirumuskan Khittah Muhamamdiyah sebanyak ...
A. Sekali
B. Dua kali
C. Tiga kali
D. Empat kali
E. Lima kali

18. Berikut ini adalah Khittah-khittah yang pernah dirumuskan pada masa KH. AR. Fachrudin ...
A. Khittah Palembang, Ujung Pandang, Ponorogo
B. Khittah Langkah 12, Ponorogo, Surabaya
C. Khittah Ujung Pandang, Ponorogo, Surabaya
D. Khittah Ponorogo, Surabaya, Denpasar
E. Khittah Palembang, Ponorogo, Denpasar


19. Khittah Perjuangan Muhammadiyah yang dirumuskan pada periode KH. AR. Fachrudin tahun 1978 adalah Khittah Surabaya yang dikenal juga dengan …
A. Khittah Palembang
B. Khittah Ujung Pandang
C. Khittah Denpasar
D. Khittah Perjuangan Muhammadiyah
E. Dua Belas Langkah Muhammadiyah


20. Khittah Perjuangan Muhammadiyah dijadikan sebagai tuntunan pedoman dan arahan untuk berjuang bagi anggota persyarikatan Muhammadiyah. Pernyataan tersebut adalah …
A. Maksud dan fungsi Khittah Perjuangan Muhammadiyah
B. Maksud dan arahan Khittah Perjuangan Muhammadiyah
C. Maksud dan tujuan Khittah Perjuangan Muhammadiyah
D. Tujuan dan fungsi Khittah Perjuangan Muhammadiyah
E. Fungsi dan arahan Khittah Perjuangan Muhammadiyah

21. Khitah Perjuangan Muhammadiyah dijadikan landasan berfikir bagi semua pimpinan dan angggota dan juga dijadikan sebagai landasan amal usaha Muhammadiyah. Pernyataan tersebut adalah ...
A. Arahan Khittah Perjuangan Muhamamdiyah
B. Maksud Khittah Perjuangan Muhammadiyah
C. Fungsi Khittah Perjuangan Muhamamdiyah
D. Tujuan Khittah Perjuangan Muhammadiyah
E. Hakikat Perjuangan Muhamamdiyah

22. Di bawah ini yang bukan merupakan isi (matan) Khittah Palembang adalah …
A. Melaksanakan ukhuwah Islamiyah
B. Memperbanyak dan mempertinggi mutu amal
C. Mengukuhkan organisasi dan menertibkan administrasi
D. Menghubungkan gerakan luar
E. Mempertinggi mutu anggota dan membentuk kader

23. Terdapat dua saluran dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang terdapat pada Khittah Ponorogo tahun 1969, yaitu …
A. Budaya dan adat istiadat
B. Sosial dan kemasyarakatan
C. Sosial dan ekonomi
D. Politik dan ekonomi
E. Politik dan kemasyarakatan

24. Khitah Palembang dirumuskan pada periode kepemimpinan K.H. AR. Sutan Mansur. Khitah ini ditetapkan dalam Mukhtamar Muhamamdiyah ke …
A. 33
B. 34
C. 35
D. 36
E. 37

25. Penyusunan Khittah Perjuangan Muhammadiyah tahun 1969 (Khitah Ponorogo) dibagi menjadi dua bentuk yaitu …
A.  Program jangka pendek dan menengah
B. Langkah amali dan langkah ilmi
C. Program dasar perjuangan dan pola dasar perjuangan
D. Program unggulan dan program 25 tahun
E. Pola umum dan pola khusus

26. Berkaitan dengan politik, ditegaskan dalam Khittah perjuangan Muhammadiyah bahwa Muhammadiyah ...
A. Apatis dan cuek 
B. Bergabung dengan PAN
C. Bergabung dengan Partai Islam
D. Adalah partai politik yang berdiri sendiri
E. Tidak berafiliasi dengan partai politik manapun

27. Khittah terakhir yang dirumuskan sepanjang sejarah Muhamamdiyah berdiri hingga saat ini adalah ...

A. Khittah Palembang

B. Khittah Ujung Pandang

C. Khittah Denpasar

D. Khittah Perjuangan Muhammadiyah

E. Dua Belas Langkah Muhammadiyah


28. Khittah Denpasar lahir pada masa kepemimpinan ...

A. KH. Mas Mansur

B. Buya AR. Sutan Mansur

C. KH. AR. Fahrudin

D. Prof. Amin Rais

E. Prof. Syafii Maarif

 

29. Kader yang dalam bahasa Perancis disebut cadre atau les cadre maksudnya adalah ...

A. Sekelompok orang

B. Jantung atau nyawa organisasi

C. Empat persegi panjang atau kerangka

D. Kelompok yang lebih besar dan terorganisasi secara permanen

 

30. Istilah kader berbeda dengan kaderisasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaderisasi artinya ...

A. Pembentukan pasukan

B. Pemilihan calon pemimpin

C. Proses melahirkan kader

D. Pembuatan struktur organisasi

E. Penguatan calon pengganti pimpinan

 

31. Untuk membentuk kader persyarikatan yang memiliki ruh (spirit) serta mempunyai integritas dan kompetensi untuk berperan di persyarikatan, dalam kehidupan umat dan dinamika bangsa serta konteks global adalah ...

A. Jenis perkaderan Muhammadiyah

B. Fungsi perkaderan Muhammadiyah

C. Bentuk perkaderan Muhammadiyah

D. Tujuan perkaderan Muhammadiyah

E. Hakekat perkaderan Muhammadiyah

 

32. Berikut ini yang bukan termasuk empat sektor jalur kaderisasi Muhammadiyah

A. Jalur keluarga

B. Amal Usaha

C. Organisasi Otonom

D. Program Khusus (MPK)

E. Politik Praktis

 

33. Pengenalan Muhammadiyah sejak dini di rumah, misalnya dengan memilih menyalakan Channel TvMu atau mengajak yang di rumah ikut acara pengajian ranting misalnya, adalah salah satu jalur kaderisasi Muhammadiyah yang dilakukan lewat ...

A. Keluarga

B. Amal Usaha

C. Baitul Arqam

D. Program Khusus

E. Organisasi Otonom

 

34. Di Muhammadiyah ada majelis yang bernama MPK. MPK akronim dari ...

A. Majelis Penguat Kader

B. Majelis Pendidik Kader

C. Majelis Pendidikan Kader

D. Majelis Pemberdayaan Kader

E. Majelis Pencarian Kader

 

35. Menurut Muhammadiyah, fungsi keluarga ideal selain berfungsi sebagai tempat sosialisasi nilai-nilai Islam juga merupakan media atau wahana ...

A. Integrasi

B. Sosialisasi

C. Kaderisasi

D. Pendidikan

E. Transformasi

 

36. Penanaman nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di sekolah-sekolah Muhammadiyah merupakan salah satu jalur kaderisasi Muhammadiyah yang dilakukan lewat ...

A. Keluarga

B. Amal Usaha

C. Baitul Arqam

D. Program Khusus

E. Organisasi Otonom

 

37.  Suatu proses pembentukan seorang kader secara terstruktur dalam organisasi adalah pengertian dari ...

A. Kader

B. Integrasi

C. Kaderisasi

D. Sosialisasi

E. Konsolidasi

 

38. Sosok individu atau kolektif yang menjadi tulang punggung organisasi disebut ...

A. Kader

B. Integrasi

C. Kaderisasi

D. Sosialisasi

E. Konsolidasi

 

39. Berikut ini yang bukan termasuk dalam arah kaderisasi Muhammadiyah ...

A. Pembinaan Ke-Islaman

B. Pembinaan Kebatinan

C. Pembinaan Jiwa Persyarikatan

D. Pembinaan Kelimuan dan Wawasan

E. Pembinaan Kepemimpinan dan Manajemen

 

40. Mengembangkan organisasi dan sekaligus menghindarkan ideologi dari kemungkinan distorsi (penyimpangan) adalah ...

A. Tugas pokok setiap kader

B. Tugas sampingan kader

C. Tugas kader yang berminat

D. Tugas khusus kader MPK

E. Tugas kader-kader tertentu saja

 

41. Profil kader Muhammadiyah harus menunjukkan integritas kompetensi ...

A. Kompetensi keberagamaan, akademis dan intelektual

B. Kompetensi keberagamaan dan sosial-kemanusiaan

C. Kompetensi akademis-intelektual dan sosial-kemanusiaan

D. Kompetensi sosial-kemanusiaan

E. Kompetensi keberagamaan, akademis dan intelektual, dan sosial-kemanusiaan

 

42. Berikut ini merupakan ciri kompetensi keberagamaan, kecuali ...

A. Kemurnian Aqidah

B. Ketekunan Beribadah

C. Keikhlasan

D. Amanah dan berjiwa gerakan

E. Kepedulian sosial dan suka beramal

 

43. Kader Muhammadiyah yang fathanah, tajdid, istiqamah, memiliki etos belajar, dan moderat merupakan ciri kader yang memiliki kompetensi dalam ...

A. Keberagamaan

B. Akademis dan intelektual

C. Sosial-kemanusiaan

D. Keberagamaan dan akademis-intelektual

E. Akademis-intelektual dan Sosial-kemanusiaan

 

44. Apa yang dimaksud dengan "Islam berkemajuan sebagai sikap dakwah"?

A. Mengutamakan kehidupan duniawi tanpa memperhatikan spiritualitas.
B. Mengedepankan nilai-nilai agama dalam menghadapi perkembangan zaman
C. Menolak perkembangan ilmu pengetahuan modern
D. Mengisolasi diri dari perubahan sosial.
E. Mengutamakan kehidupan duniawi serta kesenangan

45. Apa tujuan utama dari sikap dakwah yang mengedepankan kemajuan dalam Islam?

A. Mengutamakan kehidupan duniawi tanpa memperhatikan spiritualitas.          

B. Menjaga tradisi tanpa perubahan.     

C. Menyebarkan kebencian terhadap perubahan            

D. Mengembangkan pemahaman agama sesuai konteks zaman.              

E. Memisahkan agama dari perkembangan sosial.

Saturday, 10 August 2024

Perjalanan Saya Menjadi Seorang Calon Guru Penggerak

Saya Tamim Hamzah, guru bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta akan menceritakan perjalanan saya menjadi CGP Angkatan 10 dari Modul 1 sampai saat ini berhasil mencapai Modul 3.1. Perjalanan ini tidaklah mudah, namun jika dijalaninya dengan optimis serta diikuti diskusi atau kolaborasi antar rekan sejawat akan menjadi terasa nyaman dan agak ringan. Selamat menyaksikan: Klik link 👇🏼

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Saturday, 20 April 2024

Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.~ Ki Hajar Dewantara. D ~

Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini menjadi sukar terawasi dan tanpa filter. Filter tersebut diharapkan dapat ditumbuhkan sejak dini dalam setiap diri manusia Indonesia agar budayanya tidak tergerus oleh budaya lain yang lebih agresif melakukan penetrasi.

Maka sebagai pendidik mau tidak mau kita harus menilik kembali apakah nilai-nilai diri kita telah selaras dengan tuntutan zaman dan alam yang seperti itu.

Saya pun akan mengeksplorasi dan berkolaborasi untuk merencanakan perubahan nyata di lingkungan sekolah. Setelah mengalami dan berproses sepanjang materi ini, saya dapat menemukan jati diri sebagai Guru Penggerak.

Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.

Guru Penggerak secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan.

Secara umum, profil kompetensi yang ingin  saya sebagai Calon Guru Penggerak mampu: menumbuh-kembangkan Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai dan peran Guru Penggerak (GP) dalam diri saya sehingga mampu menumbuh-kembangkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri murid-murid.

Di samping itu saya memahami bahwa manusia memiliki daya untuk memilih (choice theory) memahami pentingnya menumbuhkan motivasi intrinsik. Memahami bagaimana otak triune, kebutuhan dasar manusia, dan perkembangan psikososial mempengaruhi bagaimana nilai-nilai tumbuh dalam diri seseorang.

Memahami bagaimana nilai-nilai Guru Penggerak dapat menguatkan peran Guru Penggerak dalam membawakan perubahan pada ekosistem sekolah. Mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak.

Setelah saya menjadi Guru Penggerak maka saya harus mampu mengakses konsep materi yang terbagi dalam 3 bagian: 

A. Bagaimana manusia tergerak: Kerja Otak (Triune-brain, Berpikir Cepat-Lambat), Kebutuhan genetis (5 Kebutuhan Dasar Manusia), Tahap Tumbuh Kembang Anak (Psikososial)

B. Bagaimana manusia bergerak: Memahami Teori Pilihan, Motivasi Intrinsik Menuju Profil Pelajar Pancasila, Nilai Guru Penggerak dan Model refleksi,

C. Bagaimana menggerakkan manusia: Berpikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh, Diagram identitas gunung es, Peran Guru Penggerak dan 4 kategori kompetensi pemimpin di lingkungan sekolah.

Tuesday, 23 May 2023

KISI-KISI DAN SOAL AAT KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10

 SOAL AAT KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10

1. Di antara tugas Majelis Tarjih dan Tajdid adalah ...

2. Tajdid dalam pengertian harfiah (etimologis) berarti … .

3. Yang termasuk identitas gerakkan Muhammadiyah adalah ...

4. Salah satu identitas atau ciri Muhammadiyah adalah sebagai gerakan dakwah. Arti kata dakwah  adalah … .

5. Tujuan dari Muhammadiyah sebagai gerakan islam yaitu . . .

6. Tokoh-tokoh Muhammadiyah yang mengambil peran dan mengambil andil dalam pergerakan yang bersifat Nasional Indonesia adalah . . . .

7. "al-birru manittaqa" adalah semboyan … .

8. Unsur pembantu pimpinan yang bertugas menjalankan sebagian tugas pokok Muhammadiyah adalah … .

9. Permusyawaratan yang secara teknis membahas tentang garis kebijaksanaan dan garis pimpinan serta melaksanakan dari keputusan-keputusan disebut dengan permusyawaratan … .

10. Tanwir adalah permusyawaratan dalam Muhammadiyah di bawah Muktamar, diselenggarakan atas tanggung jawab ... .

11. Apa yang dimaksud dengan Majelis?

12. Sesuai dengan hasil muktamar ke 45 di Malang tahun 2005, Muhammadiyah menetapkan … .

13. Fungsi dari Tarjih dan Tajdid adalah … .

14. Sebagai unsur pembantu di bidang pendidikan tinggi, penelitian dan pengembangan merupakan fungsi dari majelis … .

15. Bertugas membantu pimpinan dalam menanamkan kesadaran tentang pentingnya peranan angkatan muda Muhammadiyah sebagai pelangsung penyempurna dan pelopor gerak amal usaha Muhammadiyah, merupakan tugas dari Majelis. . .

16. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ

Terjemah dari kutipan ayat tersebut adalah ... .

17. Dampak dari menjauhnya umat Islam dari Al-Quran dan AsSunnah adalah kemunduran umat Islam itu sendiri dalam berbagai aspek kehidupan. Di bawah ini yang termasuk faktor kemunduran yang dirasakan umat Islam dalam bidang Keagamaan yang masih terasa sampai saat ini adalah ... .

18. Perhatikan pernyataan berikut ini:

1) Fulanah rela berlangganan sebuah tabloid remaja, untuk membaca ramalan zodiak

2) Percaya bahwa benda-benda pusaka dapat memberikan kesaktian bagi pemiliknya

3) Menjalankan ibadah haji di lapangan alun-alun selatan hingga alun-alun utara

4) Fulanah melaksanakan upacara mitoni untuk memohon

5) Meyakini bahwa dengan ziarah ke makam para wali, doa keselamatan bagi bayinya ke makam para wali

Dari pemaparan di atas yang tergolong dalam perbuatan syirik adalah … .

19. وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dengan mencermati, mengkaji dan memahami secara mendalam terhadap ayat tersebut di atas, K.H. Ahmad Dahlan tergerak hatinya untuk ber-amar maruf nahi munkar dengan … .

20. Upaya untuk menyesuaikan paham agama Islam dengan perkembangan dan yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern disebut … .

Thursday, 4 May 2023

TEKS QIRA'AH أَحْمَدْ دَخْلَانْ KELAS 11 BAB 6 SMK MUHAMMADIYAH

 TEKS QIRA'AH KELAS 11 BAB 6 SEMEMSTER GENAP

أَحْمَدْ دَخْلَانْ

 وُلِدَ أَحْمَدْ دَخْلَانْ فِي اَلتَّارِيخِ ۱ أَغُوسْطُسْ سَنَةَ ۱۸٦۸ بِيوجِيَاكَرْتَا وَاسْمُهُ اَلْأَصِيلُ مُحَمَّدْ دَرْوِيشْ . وَفِي خَمْسَةَ عَشَرَةَ مِنْ عُمْرِهِ ذَهَبَ أَحْمَدْ دَخْلَان إِلَى مَكَّةَ لِأَدَاءِ اَلْحَجِّ وَالتَّعَلُّمِ فِي عُلُومِ اَلدِّينِ . وَسَكَنَ هُنَاكَ خَمْسَ سَنَوَاتٍ ثُمَّ عَادَ إِلَى إِنْدُونِيسْيَا . وَبَدَأَ أَحْمَدْ دَخْلَان يُفَكِّرُ عَنْ إِصْلَاحِ أُمَّةٍ اَلْمُسْلِمِينَ فَقَامَ أَحْمَدْ دَخْلَانْ بِالدَّعْوَةِ وَأَمَرَ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَى عَنْ اَلْمُنْكَرِ.

كَتَبَ أَحْمَدْ دَخْلَان نَصِيحَةً فِي اَللُّغَةِ اَلْعَرَبِيَّةِ لِنَفْسِهِ : « يَا دَخْلَان ، إِنَّ اَلْهَوْلَ أَعْظَمُ ، وَالْأُمُورُ اَلْمُفْظِعَاتُ أَمَامَكَ وَلَا بُدَّ لَكَ مِنْ مُشَاهَدَةِ ذَلِكَ . إِمَّا بِالنَّجَاةِ وَإِمَّا بِالْعَطَبِ . يَا دَخْلَان قَدِّرْ نَفْسَكَ مَعَ اَللَّهِ وَحْدَك وَبَيْنَ يَدَيْكَ اَلْمَوْتُ وَالْعَرْضُ وَالْحِسَابُ وَالْجَنَّةُ وَالنَّارُ . وَتَأَمَّلْ فِيمَا يَعْنِيكَ مِمَّا بَيْنَ يَدَيْكَ وَدَعْ عَنْكَ مَا سِوَاهُ . وَالسَّلَامُ .

» أَيُّهَا اَلطَّالِبُ اِعْلَمْ أَنَّ أَحْمَدْ دَخْلَان مِنْ أَحَدِ زُعَمَاءِ اَلْإِصْلَاحِ فِي إِنْدُونِيسْيَا . وَيَا أَيُّهَا اَلطَّالِبَةُ اِعْلَمِي أَنَّهُ مُؤَسِّسُ جَمْعِيَّةِ اَلْمُحَمَّدِيَّةِ » وَاعْلَمُوا أَيُّهَا اَلطُّلَّابُ أَنَّ اَلْغَرْضَ مِنْ إِنْشَاءٍ مُحَمَّدِيَّةٍ هُوَ تَحْقِيقُ مُجْتَمَعِ الْمُسْلِمِينَ وَفْقًا لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ ، فَاتَّبَعُوا تَعْلِيمَهُ وَلَكِنْ لَا تُقَدِّسُوا نَفْسَهُ ، كُوْنُوا مُسْلِمِينَ أَقْوِيَاءً وَلَا تَكُونُوا مُسْلِمِينَ ضُعَفَاء .

HIWAR (PERCAKAPAN) BAHASA ARAB KELAS 11 أحمد دخلان

 PERCAKAPAN BAHASA ARAB KELAS 11 BAB 6 SEMESTER GENAP


أَحْمَدْ دَخْلاَنْ

الطلاب

الأستاذ : صَبَاحُ الخَيرِ أَيُّهَا الطُّلاَّب 
الطلاب : صَبَاحُ النُّورِ يَا أُستَاذ
الأستاذ : إِفتَحُوا كُتُبَكُم!
الطلاب : أَيُّ صَفحَةٍ يَا أُستَاذ؟
الأستاذ : الصَّفحَةَ الثَّالِثَةَ وَعِشْرِيْنَ. إِقرَءُوا وَلَا تَمزَحُوا!
الطلاب : طَبعًا، إِن شَاءَ اللهُ




الطالبات

الأستاذة : يَا فَاطِمَةَ مِنْ فَضْلِكِ، خُذِي ذَلِكَ الكتَاب!
فاطمة : بِكُلِّ السُّرُورِ، أَهَذَا الكِتَاب؟
الأستاذة : نَعَم، هَذَا الكِتَابُ، شُكْرًا.
فاطمة : عَفْوًا، هَلْ كِتَابُ يَبْحَثُ عَنْ أَحْمَدَ دَخْلَان؟
الأستاذة : نَعَمْ، اَلْكِتَابُ يَبْحَثُ عَنْ أَحْمَدَ دَخْلَان، فَهَلْ قَرَأْتِ؟
فاطمة : نَعَمْ, قَرَأْتُهُ وَالْحَمْدُ لِلّهِ




Thursday, 9 February 2023

QIRAAH: الصحابة (SAHABAT RASULULLAH) BAHASA ARAB KELAS 11 SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA

 BACALAH TEKS BERIKUT DENGAN TELITI!


اَلصَّحَابَةُ

فَضَّلَ اَلنَّبِيُّ ص . م . اَلصَّحَابَةَ بِأَنَّهُمْ خَيْرَاتُ جِيلِ مِنْ اَلْمُسْلِمِينَ . بَلْ وَعَدَهُمْ بِالْجَنَّةِ اَلنَّعِيمَ . وَالصَّحَابَةُ هُمُ اَلْمُؤْمِنُونَ اَلَّذِينَ عَاشُوا فِي عَهْدِ اَلنَّبِيِّ ص . م . وَالْتَقَوْا مَعَهُ ، هُمْ جَاهَدُوا فِي دَعْوَةِ اَلْإِسْلَامِ وَنَشَرُوا رِسَالَتَهُ.

كَانَ أَبُو بَكْرْ أَحَدَ اَلسَّابِقِينَ اَلْأَوَّلِينَ مِنْ اَلصَّحَابَةِ ، وَهُوَ أَوَّلُ مِنْ صِدْقِ إِسْرَاءْ اَلرَّسُولِ وَمِعْرَاجِهِ حَيْثُ قَالَ « صَدَّقَتْ يَارْسُولْ اَللَّهُ » ، فَلَقَّبَهُ اَلنَّبِيُّ « اَلصَّدِيقُ » . أَمَّا عُمَرُ بْنُ اَلْخَطَّابِ فَأَسْلَمَ بَعْدَ أَنْ سَمِعَ آيَاتِ اَلْقُرْآنِ تَلَتْهَا أُخْتُهُ . وَهُوَ أَمِيرُ اَلْمُؤْمِنِينَ اَلثَّانِيَ بَعْدَ أَبِي بَكْرْ . وَكَانَ فِي عَهْدِهِ اِنْتَشَرَ اَلْإِسْلَامُ إِلَى مِصْرَ وَالرُّومِ . وَاشْتَهَرَ عُمَرْ بْنْ اَلْخَطَّابْ بِشِدَّتِهِ فِي إِقَامَةِ اَلْحُكْمِ وَالْعَدَالَةِ .

وَفَضَّلَ عُثْمَانْ بْنْ عَفَّانْ - رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ - مِنْ غَيْرِهِ مِنْ اَلصَّحَابَةِ . كَانَ تَاجِرًا ذَا أَمْوَالٍ كَثِيرَةٍ أَنْفَقَهَا فِي اَلدَّعْوَةِ إِلَى اَلْإِسْلَامِ . وَفِي عَهْدِهِ أَمَرَ عُثْمَانُ بِتَدْوِينِ اَلْقُرْآنِ فَجَعَلَهُ اَلْمُصْحَفَ اَلْأَوَّلَ. أَمَّا عَلِيٌ فَقَدْ أَسْلَمَ مُنْذُ اَلصِّغَرِ وَهُوَ اِبْنُ عَمِّ اَلنَّبِيِّ ص . م . ، أَبُو طَالِبٍ . وَكَانَ عَلِيُّ بْنُ أَبُو طَالِبٍ شَابًّا ذَكِيًّا وَشُجَاعًا.