ULANGAN HARIAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10 SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA SEMESTER GANJIL 2021
SILAHKAN KLIK LINK UNTUK MENGERJAKAN SOAL DI SINI
Belajar adalah cara kita memuliakan diri dan akal agar terasah. Pencapaian terakhir belajar adalah profesional. Terus belajar, Belajar terus.
ULANGAN HARIAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10 SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA SEMESTER GANJIL 2021
SILAHKAN KLIK LINK UNTUK MENGERJAKAN SOAL DI SINI
Anak-anak shalih dan shalihah, pada Kesempatan kali ini kita belajar mengisi soal-soal Bahasa Arab Kata Ganti [Isim Dhomir]. Pilih jawaban yang tepat!
اِخْتَرْ أَصَحَّ الأجوبة ! Pilihlah jawaban yang benar!
1. هُوَ ...
أ. طَالِبَة ب. طَالِب ج. فَاطِمَة د. صَدِيْقَتِىْ
2. هِىَ ...
أ. طَالِب ب. صَدِيْقِيْ ج. يُوْسُفْ د. طَالِبَة
3. أنْتَ ...
أ. محمود ب. لَيْلَة ج. خَدِيْجَة د. سَلْوَى
4. أنتِ ...
أ. يُوْنُس ب. فَرِيْحَة ج. صَالِحْ د. مُوْسَى
5. اِسْمِىْ ... . أنا طَالِبَة
أ. نَبِيْلَة ب. هَاشِم ج. هِشَام د. تَوْفِيْق
ب. اِخْتَرْ الصَّحِيْح مِمَّا بَيْنَ الْقَوْسَيْن ! pilihlah jawaban yang benar dalam kurung
1. هَذَا أَحْمَد . ... طَالِب ( أنتِ - هِىَ - هُوَ - هَذِهِ )
2. هَذِهِ ... . هِىَ صَدِيْقَتِىْ ( حَسَن - حُسَيْن - شَرِيْفَة - جَعْفَر )
3. مَنْ ... ؟ هَذِهِ طَالِبَة ( هَذِهِ - هَذَا - أنتِ - أنتَ )
4. هَذِهِ خَالِدَة . ... طَالِبَة ( هُوَ - هِىَ - هَذَا - أنتَ )
5. هَذَا ... . هُوَ صَدِيْقِى ( مَرْزُوْقِىْ - صَالِحَة - مَيْمُوْنَة - نَجْمَة )
SMK Muhammadiyah 1 Jakarta is inviting you to a scheduled Zoom meeting.
Topic: BBQO (BELAJAR BACA AL-QURAN ONLINE)
Time: Oct 30, 2021 10:00 AM Bangkok
Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/94472479638?pwd=eG5hZGNkM0ZRVHc4N2VNemdQSzdKQT09
Meeting ID: 944 7247 9638
Passcode: r19A00
One tap mobile
+12532158782,,94472479638#,,,,*425969# US (Tacoma)
+13017158592,,94472479638#,,,,*425969# US (Washington DC)
Dial by your location
+1 253 215 8782 US (Tacoma)
+1 301 715 8592 US (Washington DC)
+1 312 626 6799 US (Chicago)
+1 346 248 7799 US (Houston)
+1 669 900 6833 US (San Jose)
+1 929 205 6099 US (New York)
Meeting ID: 944 7247 9638
Passcode: 425969
Find your local number: https://zoom.us/u/aefaNpMVM1
C. Sebab-sebab Subyektif dan Obyektif Berdirinya Muhammadiyah
Setidaknya ada dua faktor yang melatarbelakangi berdirinya Muhammadiyah, yaitu faktor subyektif dan faktor obyektif. Kedua faktor ini merupakan hasil pengamatan dan pemetaan atas proses dan latar belakang berdirinya Muhammadiyah. Sebagaimana diketahui bahwa persyarikatan Muhammadiyah didirikan dengan maksud agar umat Islam mau mencontoh atau meneladani Nabi Muhammad SAW.
1) Faktor Subyektif
Faktor subyektif merupakan artikulasi dari penyebab lahirnya Muhammadiyah yang didasari oleh kegelisahan diri KH. Ahmad Dahlan. Dalam literatur Muhammadiyah, faktor subyektif ini bahkan telah disebut-sebut sebagai pendorong utama berdirinya Muhammadiyah. Hal ini disebabkan karena kegelisahan itu muncul tatkala KH. Ahmad Dahlan telah mendalami, menelaah, mengkaji dan membahas isi kandungan yang terdapat dalam Al-Quran. Sikap yang dilakukan oleh KH. Ahmad Dahlan tersebut merupakan bentuk dari pelaksanaan firman Allah yang terdapat dalam beberapa ayat berikut, yakni:
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. {QS. An-Nisaa' (04): 82}
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci? {QS. Muhammad (47): 24}
Kedua ayat di atas menjelaskan agar siapa saja, mau mencermati dan mentadabburi Al-Quran secara penuh dan teliti terhadap apa yang tersirat dalam setiap ayat. Sikapa yang demikian ini dilakukan KH. Ahmad Dahlan dalam mencermati, mengkaji, dan membahas isi kandungan QS. Ali-Imran ayat 104 yang berbunyi:
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.
Berdasarkan pada pemahaman terhadap QS. Ali-Imran ayat 104 tersebut KH. Ahmad Dahlan tergerak hatinya untuk mendirikan perkumpulan, organisasi atau persyarikatan yang teratur dan rapi. Persyarikatan ini didirikan dalam rangka amar ma' ruf nahi munkar, mengembalikan umat Islam yang telah menyimpang ke jalan yang telah digariskan oleh Allah Swt dan Rasulullah Muhammad saw. Oleh sebab itu, maka faktor subyektif yang dimaksud adalah dorongan dari dalam diri K.H Ahmad Dahlan dalam mengimplementasikan isi kandungan Al-Quran ke dalam kehidupan nyata.
2) Faktor Obyektif
Terdapat beberapa faktor obyektif yang melatarbelakangi berdirinya Muhammadiyah. Faktor obyektif ini dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu internal dan eksternal. Bagian internal yaitu kondisi yang telah terjadi pada umat Islam Indonesia itu sendiri. Sedangkan bagian eksternal meliputi kondisi yang terjadi di luar umat Islam di Indonesia. Persoalan internal yang dimaksud meliputi beberapa hal yakni:
Pertama, Al-Quran dan Sunnah nabi tidak dilaksanakan secara murni dan konsekuen. Akibatnya banyak muncul perbuatan bid'ah, khurafat dan tahayul ditengah-tengah masyarakat.
Kedua, semakin merosotnya kondisi umat Islam baik dalam bidang ekonomi dan politik, yang disebabkan karena adanya sikap apatis terhadap masalah duniawi.
Ketiga, tidak efisennya lembaga-lembaga pendidikan Islam (pesantren) sehingga lulusannya belum dapat mengemban misi selaku khalifah Allah di atas bumi. Keempat, tidak adanya jalinan ukhuwah Islamiyah yang kuat untuk membela kepentingan umat Islam.
Sementara, faktor eksternal yang dimaksud meliputi beberapa hal, yakni:
Pertama, adanya kolonialisme dan imperialisme Belanda yang mengakibatkan umat Islam dan bangsa Indonesia dalam kesengsaraan dan kemiskinan.
Kedua adanya gerakan Kristenisasi dari pemerintahan Belanda, dalam upaya memperkokoh cengkeramannya dalam menjajah negeri ini, dengan usaha menyamakan ideologi bangsa terutama pada masa C.G.A.W Van Idenburg (1909 -1916).
Ketiga, sikap para cendekiawan Indonesia yang telah mendapatkan pendidikan Barat dan menganggap Islam tidak sesuai dengan kemajuan zaman. Keempat, adanya pengaruh dari gerakan reformasi dan modernisasi Islam yang dipelopori oleh Ibnu Taimiyah, Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha.
UNTUK MATERI INI SILAHKAN KALIAN SAKSIKAN SLIDE BERIKUT: KLIK DI SINI
BAGI SISWA-SISWI YANG INGIN MENGETAHUI NILAI ASLI PTS GANJIL PADA MATA PELAJARAN YANG BAPAK AJAR, SILAHKAN KLIK DI SINI SESUAI KELAS DAN NAMA MATA PELAJARANNYA
1. KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10 KLIK DI SINI
2. BAHASA ARAB KELAS 10 KLIK DI SINI
3. BAHASA ARAB KELAS 11 KLIK DI SINI
4. BAHASA ARAB KELAS 12 CEK DI SINI
Pada remedial mapel bahasa Arab ini menekankan pada Hiwar/percakapan bahasa Arab yang belum dikuasai. Silahkan percakapan direkam baik melalui video call atau langsung dengan teman sekelas. Yang meng-upload cukup satu orang dan untuk pengisian GCR sebagai tanda selesai video percakapan cukup screenshot videonya.
1. Contoh video percakapan kelas 10 ada pada link berikut:
Silahkan upload video percakapan kalian pada link kelas 10 berikut
2. Contoh video percakapan kelas 12 ada di link berikut:
Silahkan upload video percakapan kalian Kelas 12 pada link berikut Klik ini