Friday 18 November 2022

ULANGAN HARIAN BAHASA ARAB 2022 KELAS 11

 KERJAKAN ULANGAN HARIAN BAHASA ARAB DENGAN TELITI PADA LINK JANGAN LUPA UCAPKAN BASMALAH TERLEBIH DAHULU. KLIK DI SINI UNTUK MEMULAI.

Twibbon Muktamar Muhammadiyah ke 48

Silahkan ikuti langkah-langkahnya ya:

Muktamar ke-48 Muhammadiyah &'Aisyiyah🥳


“Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”


1. Klik Link di bawah ini. 

https://twb.nz/muktamar-muhammadiyahke48

2. Pilih Twibbonze (klik disini)

3. Geser ke bawah

4. Klik Browser Image Pilih Foto Terbaik sobat di Galeri.

5. Lalu Atur Foto Sesuai dengan keinginan Latar Yang ada.

6. Klik Upload Image

7. Lalu Download Foto Twibbonize

8. Setelah Itu Yuks! kita Posting di Seluruh Media Sosial yang Sobat miliki. - Status WA, IG, Facebook, Twitter dll.

Monday 10 October 2022

PERCAKAPAN BAHASA ARAB KELAS 12 SMK/SMA BAB 2 TENTANG TRANSPORTASI



 اَلْحِوَارُ

(PERCAKAPAN)

اَلْمُوَاصَلاَتُ

(TRANSPORTASI)

مُنِيرْْ    : اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

إِبْرَاهِيمْ : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

مُنِيرْْ    : يَا إِبْرَاهِيمْ سَمِعْتُ أَنَّكَ سَافَرْتَ إِلَى يُوجْيَاكَرْتَا؟

إِبْرَاهِيمْ : نَعَمْ, سَافَرْتُ إِلَى يُوجْيَاكَرْتَا فِي الْأُسْبُوعِ الْمَاضِى.

مُنِيرْْ    : كَيْفَ سَافَرْتَ إِلَى يُوجْيَاكَرْتَا؟

إِبْرَاهِيمْ : رَكِبْتُ الْقِطَارَ.

مُنِيرْْ    : أَيُّهُمَا أَفْضَلُ، اَلسَّفَرُ بِالْقِطَارِ أَمْ بِالسَّيَّارَةِ؟

إِبْرَاهِيمْ : أُفَضِّلُ السَّفَرَ بِالْقِطَارِ، لِأَنَّ الْقِطَارَ أَسْرَعُ مِنَ السَّيَّارَةِ.

مُنِيرْْ    : إِلَى اللَّقَاءِ

إِبْرَاهِيمْ : مَعَ السَّلاَمَةِ

Thursday 6 October 2022

Guru dan Pendidikan karakter

 Bismillahirrahmanirrahim

Guru sebagai teladan untuk zaman sekarang tidak cukup hanya sekadar mengajar. Melainkan harus menjadi seorang yang profesional. Di mana guru harus menguasai psikologis peserta didik, assessment diagnosis dan tindak lanjut yang solutif dan alternatif yang lahir dari kurikulum merdeka yang hakikatnya mereview kembali kurtilas. Di mana masih mengutamakan karakter yang tertuang dalam profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Ini sesuai dengan Tujuan Pendidikan Muhammadiyah yaitu: "Terbentuknya manusia pembelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam IPTEKS sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma'ruf nahi munkar".

Bapak dan ibu guru di negeri ini sudah banyak berjasa bukan hanya mencerdaskan anak bangsa melainkan sampai pendidikan karakter mereka. Namun cukup ironis sekali jika ternyata lulusannya yang sudah menjadi wakil rakyat bermoral bejat melakukan tindakan melanggar hukum seperti korupsi dan lainnya. Dari segi apa dan bagian mana sebenarnya kesalahan dunia pendidikan? Sehingga guru dan dunia pendidikan seakan menjadi sentral kesalahan karakter bertolak belakang oknum para wakil rakyat. Yang terpenting bagi seorang guru adalah menjadi seorang pembelajar abadi dan terus berkarya.


Wednesday 25 May 2022

SOAL DAN JAWABAN PAS GENAP KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 10 TINGKAT SMK

 Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1)   Sebutkan nama-nama dan tugas masing-masing Majlis Muhammadiyah!

2)   Sebutkan nama-nama Lembaga di Muhammadiyah!

3)   Jelaskan perbedaan organisasi otonom khusus dan umum!

4)   Sebutkan nama-nama organisasi otonom Muhammadiyah!

5)   Sebutkan tujuan IPM didirikan!

Kunci jawaban:

1)   a. Majelis Tarjih dan Tajdid, di antara tugasnya adalah mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam untuk mendapatkan kemurnian dan kebenarannya yang selanjutnya dijadikan pedoman dan tuntunan bagi pemimpin maupun anggota Muhammadiyah.

b. Majelis Tabligh, di antara tugasnya adalah mempergiat dan menggembirakan dakwah Islam, memperteguh iman, menggembirakan dan memperkuat ibadah serta mempertinggi akhlak mulia.

c. Majelis Pendidikan Tinggi, di antara tugasnya adalah membina Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) serta memperluas lImu Pengetahuan, Teknologi dan penelitian.

d. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, di antara tugasnya adalah memajukan dan memperbarui pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan menurut tuntunan Islam untuk tingkat sekolah/madrasah Muhammadiyah.

e. Majelis Pendidikan Kader, di antara tugasnya adalah membangun kekuatan dan kualitas para pelaku gerakan serta peran dan ideologi gerakan Muhammadiyah dengan mengoptimalkan sistem kaderisasi yang menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.

f. Majelis Pelayanan Kesehatan Umum, di antara tugasnya adalah mengembangkan fungsi pelayanan kesehatan dan kesejahteraan yang unggul dan berbasis Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kemajuan hidup masyarakat khususnya kaum dhuafa sebagai wujud aktualisasi dakwah Muhammadiyah.

g. Majelis Pelayanan Sosial, di antara tugasnya adalah gerakkan dan menghidup-suburkan amal dan tolong menolong dalam kebijakan dan takwa. Mengembangkan dan memperluas kekuatan basis gerakan Muhammadiya sehingga menjadi tenda besar bagi pelayanan dan yang terletak pada pusat "Penolong Kesengsaraan Oemoem" sehingga menjadi tanda besar bagi pelayanan dan keberpihakan sosial Muhammadiyah secara terpadu dan lebih luas.

h. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan, di antara tugasnya adalah membinmbing ke arah perbaikan kehidupan dan penghidupan yang sesuai dengan ajaran Islam.

i. Majelis Wakaf dan Kehartabendaan, di antara tugasnya adalah mendirikan, menggembirakan dan memelihara tempat ibadah dan wakaf serta mengurusi masalah tanah dan hak milik Muhammadiyah sebagai barang amanat yang harus digunakan sebagaimana mestinya.

j. Majelis Pemberdayaan Masyarakat, di antara tugasnya adalah memberdayakan para petani dan buruh warga dan simpatisan Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dalam rangka meningkatkan iman dan takwa kepada Allah سبحانه وتعالى

k. Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia, di antara tugasnya adalah mengembangkan kesadaran dan advokasi di lingkungan Persyarikatan atas persoalan-persoalan hukum dan hak asasi manusia yang dihadapi masyarakat sebagai wujud dakwah amar ma'ruf nahi munkar.

l. Majelis Lingkungan Hidup, di antara tugasnya adalah terlibat aktif dalam memperhatikan kehidupan lingkungan masyarakat dan membimbing agar menuju ke arah terwujudnya negara yang adil dan makmur yang selalu ada di bawah ridha Allah

m. Majelis Pustaka dan Informasi, di antara tugasnya adalah membangun kemampuan dan keluasan jaringan kekuatan informasi serta pustaka Muhammadiyah sebagai organisasi Islam modern di tengah era kehidupan masyarakat informasi..

2)   Nama-nama Lembaga di Muhammadiyah:

a.   Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting

b.   Lembaga Pembina dan Pengawasan Keuangan

c.    Lembaga Penelitian dan Pengembangan

d.   Lembaga Penanggulangan Bencana

e.    Lembaga Zakat, Infaq dan Shadaqah

f.     Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik

g.   Lembaga Seni Budaya dan Olahraga

h.    Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional

i.      Lembaga Pengembangan Pesantren

3)   Ortom khusus adalah ortom yang seluruh anggotanya sudah menjadi anggota Muhammadiyah. Sedangkan ortom umum anggotanya belum seluruhnya menjadi anggota Muhammadiyah

4)   Nama-nama organisasi otonom Muhammadiyah:

a.   Aisyiyah

b.   Nasyiatul Aisyiyah

c.    Pemuda Muhammadiyah

d.   Hizbul Wathan

e.    Ikatan Pelajar Muhammadiyah

f.     Tapak Suci Putra Muhammadiyah

g.   Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

5) Tujuan berdirinya IPM: terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenarnya.