Belajar adalah cara kita memuliakan diri dan akal agar terasah. Pencapaian terakhir belajar adalah profesional. Terus belajar, Belajar terus.
Tuesday 21 April 2015
proses pembuatan SIM C baru
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji milik Allah yang telah memberkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua.
Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.
Pada ramadhan tahun ini 1435 H atau 2014 Juni-Juli kemarin, tak sengaja saya tergerak untuk membuat SIM C. Memang awalnya istri yang mendorong saya supaya membuat SIM segera karena sedang libur. Tepat tanggal 26 Juni saya pun berangkat ke Polres Bekasi ditemani istri. Kebetulan istri punya tujuan yang sama yaitu hanya memperpanjang SIM nya yang sudah habis masa berlakunya.
Setibanya di Polres di tempat parkir, kami sempat ditawari calo agar segala urusannya diserahkan kepada mereka dengan bayaran yang cukup tinggi, dengar-dengar sampai 400.000 an. Ah kami pun tidak menghiraukannya, karena ingin mencoba sendiri langsung prosesnya kayak gimana.
Kami langsung menuju kantor Polres dan di gerbang ada salah satu polisi yang berjaga memberitahukan kami tempat registrasinya. Ternyata lokasinya di luar gedung Polres sebelah kiri dan langsung masuk gang mengikuti orang yang di depan yang sepertinya mempunyai tujuan yang sama. Kami pun daftar sekaligus cek kesehatan dengan membayar Rp 25.000/orang. Selesai dari sana kami diminta untuk bayar asuransi dan biaya SIM sebesar 130.000 atau 100.000 saja bagi yang memperpanjang di loket yang berada di gedung POLRES. Kami pun bergegas kembali menuju lokasi dan langsung mengisi form yang harus diisi.
Pada saat antri untuk pemanggilan tes teori, ternyata istri sudah selesai dan mendapatkan SIM C barunya karena memperpanjang saja. Tes teori yang saya isi ternyata tidak membuahkan hasil yang maksimal, hanya mendapat skor 17 dari soal 30. Maka tes teori saya gagal, karena harus mendapatkan nilai minimal 18 yang soal jawaban yang benar. Kecewa sekali saat itu padahal merasa menjawab dengan benar. Ketika diminta harus kembali lagi tes 2 minggu kemudian, saya mempunyai ide untuk memoto soal-soal itu supaya bisa membahas di rumah. Namun ternyata soal yang saya foto itu tidak sama dengan soal yang saya isi sebelumnya. Berarti dalam fikiran saya pasti soal-soal itu berbeda-beda.
2 minggu kemudian menjelang tes teori kembali, pagi harinya saya browsing internet untuk mencari-cari soal dan jawaban tes tersebut. Alhamdulillah soalpun ada sekaligus jawabannya. Maka kesempatan itu tak disia-siakan untuk mempelajarinya, sampai akhirnya di POLRES setelah melihat soal tes nya ternyata sama persisi dengan soal yang saya foto. Luar biasa itulah pertolongan Allah dan saya pun dinyatakan lulus dan boleh langsung tes praktek. Pada saat itu tanggal 10 Juli 2014 tes praktek pun gagal dan harus kembali tes 2 minggu kemudian ketentuannya. Namun tidak sampai 2 minggu pada tanggal 21 Juli tepatnya Senin saya mencoba tes praktek yang kedua dan dinyatakan gagal kembali karena memang ban belakang menyeggol batu padahal sudah hampir finish.
Allah maha pengasih, alhamdulillah atas kehendakNya ternyata Allah menolong saya melalui seorang polisi yang menyatakan saya diluluskan dan supaya menuju tempat pemotretan pembuatan SIM segera dengan tanda tangannya. Dan SIM pun selesai sampai saya dipangil untuk mengambilnya. Bagi yang belum punya SIM, saya sarankan lebih baik membuat sendiri tanpa bantuan calo harus bayar mahal-mahal. Itupun kalau waktunya pas lagi luang. Selamat mencoba kawan...
Itulah pengalaman saya...
Wassalamu'alaikum warahmatullah...
Monday 23 June 2014
KI KUR 13
F.1. KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab
yang berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya dari teks terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog
sederhana sesuai konteks dengantepat dan lancar terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
informasi terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
Tarkib:
|
النكرةوالمعرفة(بألوالضمائروالإضافةبمعنىاللام)؛المبتدأوالخبر(صفة)؛المبتدأ(ضمائر)والخبر(الفعلالمضارع)
|
F.2.KELAS X SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.4 Memahami secara sederhana unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan
lancar terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Tarkib:
|
المصدر؛معانيحروفالجر؛ليسعندي/معي؛مبتدأ(ضمائرالجمع) + خبر(المضارع)؛العطف
|
F.3.KELAS
XI SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan
lancar terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
|
Tarkib:
|
أنوالفعلالفاعلوالمفعولبه؛النعتالمفردوالإضافةالمعنويةوالمقارنةبينالتركيـبين
|
F.4.KELAS XI SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan
lancar terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
|
Tarkib:
|
الجملةالفعلية؛والفعلالثلاثيالمزيدبحرفوبحرفينوبثلاثةأحرف(استفعل)؛فعلالأمر؛اسماالفاعلوالمفعولالثلاثيوغيرالثلاثي
|
F.5.KELAS XII SEMESTER
GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.4 Membuata analisis sederhana unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan
lancar terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
|
Tarkib:
|
الفعلالمضارعالمنصوببأنولنولامالتعليل؛الفعلالمضارعالمجزومبلمولاالناهيةولامالأمر؛الفعلالمبنيللمجهولونائبالفاعل
|
F.6.KELAS XII SEMESTER
GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi
dasar
|
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun,
responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
yang sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan
lancar terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
|
Tarkib:
|
مراجعةلمرفوعاتالأسماء - المفعولالمطلقوالمفعوللأجله - مراجعةلسائرمنصوباتالأسماء
|
Subscribe to:
Posts (Atom)