Monday 23 June 2014

KI KUR 13



F.BAHASA ARAB
F.1. KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
      yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengantepat dan lancar terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
البياناتالشخصية؛المرافقالعامةفىالمدرسة؛الحياةفىالأسرةوفىسكنالطلاب
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
النكرةوالمعرفة(بألوالضمائروالإضافةبمعنىاللام)؛المبتدأوالخبر(صفة)؛المبتدأ(ضمائر)والخبر(الفعلالمضارع)


F.2.KELAS X SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
      yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
هواياتالطلابوالمعرض؛المهنةوالحياة؛المهنةوالنظام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
المصدر؛معانيحروفالجر؛ليسعندي/معي؛مبتدأ(ضمائرالجمع) + خبر(المضارع)؛العطف

F.3.KELAS XI SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
         baik secara lisan maupun tertulis.
3.2. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
         baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
         yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
آمالالمراهقينوالصحة؛الرعايةالصحية؛النظافةفيالإسلام
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
أنوالفعلالفاعلوالمفعولبه؛النعتالمفردوالإضافةالمعنويةوالمقارنةبينالتركيـبين

F.4.KELAS XI SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
التسهيلاتالعامةوالاجتماعية؛التسهيلاتلعبادةالله؛معالمالسياحةالثقافيةوالطبيعية
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
الجملةالفعلية؛والفعلالثلاثيالمزيدبحرفوبحرفينوبثلاثةأحرف(استفعل)؛فعلالأمر؛اسماالفاعلوالمفعولالثلاثيوغيرالثلاثي

F.5.KELAS XII SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Membuata analisis sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
الحضارةالإسلامية؛الرحلاتوالثقافةالإسلامية؛منرجالالإسلام(البخاريوابنسيناوعمربنالخطاب)
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
الفعلالمضارعالمنصوببأنولنولامالتعليل؛الفعلالمضارعالمجزومبلمولاالناهيةولامالأمر؛الفعلالمبنيللمجهولونائبالفاعل

F.6.KELAS XII SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.      Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuan procedural padabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah

3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Membuat analisis sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
الأعيادفيالإسلام؛إبراهيموالبحثعنالخالق
      dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
Tarkib:
مراجعةلمرفوعاتالأسماء - المفعولالمطلقوالمفعوللأجله - مراجعةلسائرمنصوباتالأسماء

bahasa arab kurikulum 2013

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، أشهد ان لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد ان محمد عبده ورسوله، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا ومولنا محمد وعلى آله واصحابه أجمعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد
أيها الاساتيذ الفضلاء



وأيها الإخوان الكرماء
اولا، حمدا وشكرا إلى الله تعالى الذي قد أعطانا رحمة وبركاة وهداية حتى نجمعون في هذا المكان السعادة.
وثانيا، هيا بنا أن نصلي على سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم الذى قد أخرج الناس من الظلمات إلى النور.
وآخرا، أقول شكرا كثيرا إلى رائس الجلسة الذى قد أعطاني وقت ثمينا لأخطب بين يديكم أجمعين تحت الموضوع:
"فكرة الإسلام فى الإخوة البشرية"
إخواني المسلمون السعداء
قال الله تعالى فى كتابه الكريم، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم الله الرحمن الرحيم. يا أيها الناس إن خلقنكم من ذكر وأنثى وجعلنكم شعوبا وقبائل لتعارفوا إن أكرمكم عند الله أتقاكم.
كانت تعاليم الإسلام العالمية مذكورة فى هذه الاية. فاالإسلام يكره التفريقة فى الجنس والدرجة واللون والمكان.وقال الله تعالى فى القرآن الكريم "ولقد كرمنا بنى آدم"
وكذلك فقد أكد نبينا محمد صلى الله عليه وسلم على إيجاد المساوة والإتحاد بين الناس.وفضلا عن ذلك فقد أكد الله ورسوله محمد صلى الله عليه وسلم على تحقيق حقوق الجوارعلى الجار الأخر بدون النظر إلى أساس الدين والإعتبارات الأخرى، بل هناك احاديث أخرى تحثنا على ان نعامل الجار معاملة طيبة، وذلك يشمل الجوار غير المسلمين.
هذا التعليم الكريم ليس ألفاظا تقال بل عمل وتطبيق يقين، ولا شك أن نبينا محمدا صلى الله عليه وسلم قد اتجر مع الكافرين المعارضين له فى مكة على أساس سلمي
إخواني المحترمون !
وكذلك كان الرسول صلى الله عليه وسلم يحتفظ المعاملة الشخصية الطيبة مع اليهودي فى المدينة المنورة ولو كانوا يعارضون بعثته الكريمة. وقد زار الرسول صلى الله عليه وسلم بيوتهم وشاركهم فى الحزن والفرح. وفوق ذلك فقد حقق الرسول صلى الله عليه وسلم المعاملة التجارة مع بعضهم.
ونضرب لكم مثلا حكاية مشهورة عن سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه والأعمى العجوز.
فى يوم من الأيام رأى سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه شيخا أعمى امام بيت يتكفف الصدقة فقرع عاتقه بلطف وسأله: من أنت؟ أجاب الأعمى اليهودي الجزية والفقر والشيخوخة. فحمله سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه إلى بيته وأعطاه كل شيئ على قدر استطاعته لسد حاجته المستعجلة وفرجه وغيره من الذين عاشوا كعيشته من دفع الجزية وأمر أن أجرة محافظتهم وحمايتهم من بيت مال الدولة الإسلامية.
وباالإختصار، فالإسلام يرى البشرية كأخوة عظيمة. وتحت هذه الأخوة كان جميع الناس متساوين ولهم حق سواء فى الإحترام والإكرام كما أن لهم حقا فى المعاملة الطيبة والفرصة المتساوية.
إخواني السعداء !
الإسلام يحترم إحتراما فائقا التنوع فى لون الجلد واللسان والنسل والتجربة بل فى الإعتقاد.
وعلى أساس الأخوة البشرية فكان جميع الناس فى العالم اعضاء الأمة الواحدة أي الأمة الإسلامية.وعلى ذلك كانت الأمة الإسلامية مرطبتين برابطة الجنس العام والاهمية العامة. وعلى عكس ذلك يكره الإسلام كل محاولة تفرق هذه الرابطة إلى الفرق الكثيرة إما فى الإعتقاد وإما فى الشعبية.
لضيق الوقت فى إلقاء المسألة المهمة. فالآن أختتم خطبتي راجيا من الجميع تقوية هذه الأخوة. فاالعفو منكم وآخرا أقول لكم والسلام عليكم ورحمة الله وبركاتة"