Wednesday 18 August 2021

Tujuan Perguruan Muhammadiyah

 B. Tujuan Perguruan Muhammadiyah

Perquruan/ pendidikan Muhammadiyah adalah pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan pendidikan agama Islam dengan kehidupan, dan antara iman dengan kemajuan secara terpadu. Dari rahim pendidikan Muhammadiyah diharapkan akan lahir generasi muslim terpelajar yang kuat iman dan kepribadiannya sekaligus mampu dalam menghadapi dan menjawab tantangan zaman. Dengan harapan demikian, maka Muktamar Muhammadiyah ke 46 (Muktamar Satu Abad Muhammadiyah) di Yogyakarta telah menetapkan adanya visi pendidikan Muhammadiyah, yaitu membentuk manusia pembelajar yang bertakwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma' ruf nahi munkar.

Pendidikan Muhammadiyah berasaskan Islam dan berpedoman pada Al-Quran dan Hadits. Sedikitnya ada 40 nilai yang ditanamkan di sekolah/madrasah Muhammadiyah, seperti berpihak kepada mustadl'afin dan dlu'afa, berpikiran maju, bersahaja, bertanggung jawab, bijak, damai, dinamis, disiplin, hemat, kasih sayang, kebahagiaan, kebebasan, kebersihan, keikhlasan, kejujuran, kerjasama, kesederhanaan, keseimbangan (tawasuth atau moderat) keteladanan, komitmen, kreatif, layanan, loyalitas, membaca, menghargai, nasionalisme, pembaruan (tajdid), percaya diri, persatuan, proaktif, qanaah, rendah hati, sabar dan bersyukur, santun, sikap kritis, suka beramal saleh, teliti dan cermat, toleransi dan ulet. Semua nilai-nilai tersebut ditanamkan dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Muhammadiyah.

Selanjutnya, tujuan pendidikan Muhammadiyah adalah mewujudkan manusia muslim berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berguna bagi masyarakat dan negara. Pertama, manusia muslim, berarti manusia yang seluruh hidup dan kehidupannya senantiasa dilandasi oleh nilai nilai peribadatan kepada Allah Swt semata Artinya, seorang muslim sejati akan selalu berserah diri dan taat hanya kepada Allah semata.

Kedua, berakhlak mulia. Akhlak mulia dinilai dan dipandang dari sisi yang Maha Haq dan pembuat peraturan yang sesungguhnya yaitu Allah Swt dan ukuran akhlak nabi Muhammad saw, bukan pandangan manusia pada umumnya yang penuh dengan sifat subyektif. Oleh karena itu, pelajar Muhammadiyah mestinya selalu mempelajari peraturan-peraturan Allah Swt dan berusaha memahami serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Ketiga, cakap, yang berarti mempunyai kemampuan dalam bidangnya. Cakap juga berarti cerdas dan ampuh dalam menentukan sikap dan perbuatan yang tepat sesuai dengan tugas seorang muslim yang berilmu pengetahuan. 

Keempat, percaya pada diri sendiri. Seseorang dikatakan memiliki kepercayaan diri manakala dirinya memiliki sifat-sifat positif serta mau menatap kehidupan ke depan dengan penuh rasa optimisme.

Kelima, berguna bagi masyarakat dan bangsa. Setelah melalui proses pendidikan, peserta didik diharapkan mampu untuk mengabdikan diri dan berkontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat dan bangsa.

Referensi:

Wahyudi, dkk. Pendidikan Kemuhammadiyahan SMA/SMK/MA Muhammadiyah kelas 10,  Yogyakarta: Gramasurya, 2017.



Wednesday 11 August 2021

KARAKTERISTIK PERGURUAN MUHAMMADIYAH


Dalam usaha mendirikan sekolah/madrasah Muhammadiyah, K.H Ahmad Dahlan memanggil orang-orang kaya di Yogyakarta, yang bersimpati dengan usaha-usaha yang dilakukannya dengan maksud untuk meminjam uang. Para sahabat mengira bahwa pinjaman uang itu akan dipergunakan keluarga K.H. Ahmad Dahlan pribadi. Memang mulanya K.H. Ahmad Dahlan tidak memberitahukan untuk apa uang pinjaman dari para sahabat. Namun setelah gedung itu selesai dengan tiga ruang kelas, barulah beliau mengundang para sahabatnya untuk melakukan tasyakuran.

Pada acara itu K.H. Ahmad Dahlan bercerita, kalau gedung sekolah/madrasah tersebut berasal dari hutang beliau terhadap sahabat-sahabatnya yang hadir pada waktu itu. Sementara tanah yang dipakai untuk gedung sekolah/madrasah merupakan wakaf dari keluarga K.H. Ahmad Dahlan. Setelah bercerita panjang lebar tentang pembangunan sekolah/madrasah itu, para sahabat yang meminjami uang menyatakan ikhlas menginfakkan uangnya untuk pembangunan sekolah/madrasah Muhammadiyah.

Tujuan Pembelajaran:

Melalui penelusuran literatur dan pengamatan tata tertib secara berkelompok, peserta didik diharapkan dapat mengurai karakteristik perguruan Muhammadiyah

PAPARAN MATERI

A. Sejarah Perguruan Muhammadiyah

Kecenderungan umum yang selalu dijadikan dasar pijak dalam melihat latar belakang Muhammadiyah berdiri adalah dualisme yang terjadi pada awal abad ke-20. Di satu sisi pendidikan Islam yang diwakili pesantren tradisional hanya mengajarkan ilmu agama. Sedangkan di sisi lain, sekolah-sekolah Belanda hanya mengajarkan ilmu umum.

Penilaian ini memang benar, tetapi tidak dapat sepenuhnya dibenarkan, sebab pernyataan tersebut mengandung unsur penyederhanaan atas fakta sejarah yang terjadi. Sesungguhnya ada banyak faktor yang mendorong KH. Ahmad Dahlan dalam mendirikan pendidikan Muhammadiyah yakni sebagai salah satu bentuk perlawanan terselubung terhadap kolonialisme Belanda media pembebasan masyarakat dari jerat kemiskinan, kebodohan, ketidak adilan, sistem kasta dan pelaksanaan ajaran agama yang kurang autentik.

Kenyataan tersebut mendorong KH. Ahmad Dahlan melakukan pembaruan sistem pendidikan Islam, sehingga dapat mengimbang kemajuan sekolah-sekolah Belanda, Karena itulah beliau merintis dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan modern. Sistem yang dikembangkan dalam lembaga ini merupakan hasil adaptasi KH. Ahmad Dahlan dari dua lembaga pendidikan yang sedang berkembang saat itu, yaitu pesantren tradisional dan sekolah Belanda. la mengadaptasi spirit kelslaman yang dikembangkan di pesantrren dan diperbarukan. Sedangkan dalam segi metode pengajaran dan kurikulumnya, ia mengadaptasi sistem yang diterapkan di sekolah Belanda.




Sunday 2 May 2021

Wednesday 7 April 2021

MARS HIZBUL WATHON

 بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم

صباح الخير أيها الطلاب الأدباء

Anak anakku yang dirahmati Allah SWT Alhamdulillah puji syukur kepada yang telah memberikan nikmatnya kepada kita yaitu الله سبحانه وتعالى.

Hari ini Rabu, 07 April 2021 semoga kalian sehat dan tetap semangat belajar💪. Kita lanjutkan pelajaran Kemuhammadiyahannya. Tugasnya adalah salin mars Hizbul Wathon berikut ini👇pada foto Selfi kalian berseragam HW:

Mars Hizbul Wathan

Hizbul Wathan Muhammadiyah tetap pesat berkembang

Di seluruh Indonesia bukan di sini saja

Memegang amanahnya, menjunjung agama

Teguh hati sebagai baja

Menjalankan kewajiban dengan sopan dan perwira

Sama-sama fakir dan kaya

Punya haluan sedikit bicara banyak bekerja

.

Sertakan nama, kelas dan logo SMK Muhammadiyah 1 Jakarta seperti pada gambar di bawah.



Selamat mengerjakan tugas.

بارك الله فيكم

Tuesday 30 March 2021

Materi Wacana القرآن Semester Genap Kelas 10 SMK SMA

 القراءة

القرآن          

فَلِكُلّ مُسْلِمٍ لَا بُدَّ مِنْ أَنْ يُجْهِدَ فِي اَلْخَيْرِ وَأَنْ يَجْتَهِدَ فِي حَيَاتِهِ . فَالْوَالِدُ يَعْمَلُ بِجِدِّ لِأُسْرَتِهِ حَتَّى يَكُونَ مُجَاهِدًا ، وَالْأُمُّ تَجْتَهِدُ فِي رَبَّتْ اَلْبَيْتَ ، وَكُلَّ تِلْمِيذِ لَابُدِّ أَنْ يَجْتَهِدَ فِي اَلتَّعَلُّمِ كَيْ يَنْجَحَ . وَلَنْ يَنْجَحَ اَلْكَسْلَانُ فِي حَيَاتِهِ .

اَلْقُرْآنُ اَلْكَرِيمُ كِتَابُ اَللَّهِ اَلْمُنَزَّلُ عَلَى اَلنَّبِيِّ - صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - . اَلْقُرْآنُ مَصْدَرٌ لِتَعَالِيمِ اَلْإِسْلَامِ . وَهُوَ مُصَدَرُالْعَقَاعِدِ وَالشَّرِيعَةِ، وَمَصْدَرُ اَلْأَخْلَاقِ وَالْعُلُومِ . فِي اَلْقُرْآنِ أَخْبَارُ اَلْأُمَمِ اَلسَّابِقَةِ . وَفِيهِ قِصَصُ اَلْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِينَ وَالْقُرْآنِ هُدًى لِلنَّاسِ جَمِيعًا . وَهُوَ مُبَاشِرٌ اَلنَّاسِ بِنِعَمِ اَلْجَنَّةِ وَمُنْذِرُهُمْ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ.

فَعَلَيْنَا بِقِرَاءَةِ اَلْقُرْآنِ كُلَّ يَوْمٍ . قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ص . م : « اِقْرَؤُوا اَلْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ » رَوَاهُ مُسْلِمٌ . وَالْقُرْآنُ كِتَابُ اَللَّهِ وَقِرَاءَتُهُ عِبَادَةً . وَقَارِئُهُ لَهُ حَسَنَةٌ مُضَاعَفَةٌ كَمَا قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ص . م : « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اَللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ ، وَالْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالهَا . لَا أَقُولُ ( الم ) حَرْفٌ ، وَلَكِنْ أَلِّفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ ، وَمِيمٌ حَرْفٌ » رَوَاهُ تِرْمِيذِي





Tuesday 9 March 2021

KISI-KISI PTS PAS BAHASA ARAB 2021

 بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم

صباح الخير أيها الطلاب الأدباء

Anak anakku yang dirahmati Allah SWT Alhamdulillah puji syukur kepada yang telah memberikan nikmatnya kepada kita yaitu الله سبحانه وتعالى.

Hari ini Selasa, 09 Maret 2021 semoga kalian sehat dan tetap semangat belajar💪.

Kisi-kisi Bahasa Arab untuk PTS Genap 2021 SMK Muhammadiyah 1 Jakarta adalah:

Kelas 10:

- Wacana اَلْجَوُّ (Cuaca)

- Kaidah jumlah ismiyyah (mubtada dan Khabar)

- Wacana فِي الْمَطَارِ (Di Bandara)

Kelas 11

- Wacana زُعَمَاءُ الاِصْلَاحِ (Tokoh Pembaharu)

- Wacana tentang Rasulullah

- Kaidah fi'il mazid

- Kaidah dhamir muttashil

Kisi-kisi PAS Kelas 12

- Wacana اَلْجِهَادُ وَالاِجْتِهَادُ (Kerja keras dan usaha)

- Kaidah huruf Nashab dan huruf jazm

- Kaidah Isim Tafdhil

Monday 8 March 2021

VIRAL TWIBBONE AYO SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA



 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


kami mengajak  Bapak/Ibu, Orang Tua/Wali Murid  dan Siswa/Siswi SMK muhammadiyah 1 Jakarta

untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan twibbon kami nih, cara nya gampang ko tinggal ikuti langkah di bawah ini dan jangan lupa upload di medsos ya 😁 dengan hastag #smkmutujakarta #sekolahmu #sekolahislam #sekolahunggulan #kelasindustri


1. Klik https://www.twibbonize.com/ayosekolahsmkm1

2. Siapkan Foto terbaik 

3. Klik Upload dan pilih foto terbaikmu

4. Klik Download 


Yuk kita buat viral twibbon kita !!!


Terima Kasih yang sudah berpatisipasi 

جزاكم الله خيرا