Tuesday 1 March 2016

Demam, Inilah Cara Rasulullah Mengobatinya


KINI musim tak lagi menentu. Terkadang hujan, kadang pula panas. Maka tak heran jika banyak orang yang terserang penyakit akibat cuaca yang tidak bersahabat. Bukan hanya itu, asupan energi, seperti makanan dan minuman, kini banyak yang tak bersih dan sehat. Sehingga, seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, mudah sekali terjangkit penyakit.

Ketika musim yang tak menentu ini terjadi, biasanya penyakit yang timbul itu berupa demam. Ya, demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37 ÂșC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia (sel darah putih) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Dalam Islam, segala daya upaya dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan itu ada. Begitu pula dalam mengobati demam. Rasulullah SAW telah memberitahukan kepada kita bagaimana cara mengobati demam.

Rasulullah SAW bersabda, “Demam itu berasal dari hembusan neraka Jahannam, karena itu dinginkanlah ia dengan air,” (HR. Al-Bukhari dengan Al-Fath (10/174) dan Muslim (4/1733).

Begitulah cara Rasulullah SAW mengobati demam. Kita pun bisa melakukan seperti apa yang dicontohkan olehnya. Sebab, demam yang ditandai dengan panas yang tinggi, insya Allah bisa menurunkan panas tersebut dengan air. Kita bisa menempelkan air itu, menggunakan kain yang telah dibasahi sebelumnya, di jidat seseorang yang terkena demam.

No comments:

Post a Comment