Wednesday 6 April 2016

Kencing Sambil Berdiri, Bagaimana Menurut Islam?


Kencing Sambil Berdiri, Bagaimana Menurut Islam?

Luis Suarez seorang pesepak bola dari salah satu klub Liga Spanyol mengungkap kebiasaan saat sedang berada di toilet. Pemain asal Uruguay tersebut mengaku selalu buang air kecil sambil duduk demi menjaga kebersihan.
Diketahui kebanyakan pria sekarang biasa buang air kecil sambil berdiri. Tapi itu tidak dilakukan oleh Suarez.
Berbicara kepada televisi Uruguay, Suarez mengungkapkan kalau dia sangat higienis. Eks bintang Liverpool itu tidak mau air seninya berceceran, oleh sebab itu dia memilih buang air kecil sambil duduk.
"Saat buang air kecil saya adalah orang yang bersih. Ini demi menjaga tetap higienis karena saya memiliki dua buah hati," kata Suarez.
"Saya tidak mau asal buang air kecil. Jadi saya melakukannya sambil duduk atau jongkok. Anak-anak bermain ke mana saja dan saya tidak mau mereka sakit," sambungnya dikutip The Sun.
Padahal dia adalah seorang non Islam, tapi mengapa dengan tegasnya selalu memperhatikan kebersihan. Sementara kita umat Islam yang faham akan bab kebersihan baik itu dalam Al Quran maupun Hadits Nabi, masih banyak yang meremehkan hal tersebut.
Jadi bagaimana hukum kencing sambil berdiri ?
Tidak ada aturan dalam syari’at tentang mana yang lebih utama kencing sambil berdiri atau duduk, yang harus diperhatikan oleh orang yang buang hajat hanyalah bagaimana caranya agar dia tidak terkena cipratan kencingnya. Jadi tidak ada ketentuan syar’i, apakah berdiri atau duduk. Yang penting adalah seperti apa yang beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan.
اِسْتَنْزِهُوْا مِنَ الْبَوْلِ
“Lakukanlah tata cara yang bisa menghindarkan kalian dari terkena cipratan kencing”.
Dan kita belum mengetahui adakah shahabat yang meriwayatkan bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah kencing sambil berdiri (selain hadits Hudzaifah tadi, -pent-). Tapi ini bukan berarti bahwa beliau tidak pernah buang air kecil (sambil berdiri, -pent-) kecuali pada kejadian tersebut.

No comments:

Post a Comment